Screen Shot 2020-12-16 at 13.29_edited.jpg

INFORMAL PLASTIC COLLECTION
INNOVATION SURVEY

Pada Februari 2021, Ocean Plastic Prevention Accelerator melakukan survei di antara anggota National Plastic Action Partnership Indonesia yang mewakili pemangku kepentingan utama pengelolaan sampah di Indonesia. Survei ini digunakan untuk menentukan tujuan Informal Plastic Collection Innovation Challenge.

Survei berfokus kepada identifikasi poin-poin utama untuk mengintegrasikan pekerja sampah informal ke dalam sistem formal dan untuk meningkatkan mata pencaharian mereka. Hal ini dicapai dengan menggunakan metodologi pemetaan crowdsource yang dikembangkan bersama oleh SecondMuse, Kumu, dan Vibrant Data Labs yang terinspirasi oleh keystone species (spesies kunci) di ekosistem alami.

Tujuh keystone utama dan faktor-faktor yang paling mempengaruhinya secara langsung dibahas di antara kelompok kecil anggota National Plastic Action Partnership Indonesia. Diskusi ini membuahkan 3 kelompok faktor. Kelompok ini yang menjadi 3 fokus area Informal Plastic Collection Innovation Challenge.

78 pendaftar dari seluruh dunia menanggapi 3 area fokus ini dengan solusi mereka, di mana 12 innovator dipilih sebagai peserta tantangan.

OPPA Final Logo-02.png