top of page

Sorotan Inovator: Duitin



Tujuan

Selain rendahnya kesadaran, pengetahuan, dan akses masyarakat terhadap pemilahan sampah, para pendiri Duitin melihat bahwa pekerja sampah sektor informal kerap kali terpinggirkan dan memiliki kerentanan yang tinggi. Padahal, pekerja sampah sektor informal memiliki peran yang penting dalam menangani permasalahan sampah di Indonesia. Sebagai start up, Duitin dibangun untuk memecahkan masalah persampahan di Indonesia dengan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan hidup pekerja informal sektor sampah, dan pada saat yang bersamaan meningkatkan tingkat daur ulang.



Solusi

Duitin menyediakan layanan pengelolaan sampah end-to-end melalui platform digital. Melalui platform tersebut, Duitin menyediakan kemudahan akses bagi individu dan perusahaan untuk melakukan kegiatan daur ulang. Individu, komunitas, UKM, atau perusahaan yang telah memilah sampah dapat menggunakan platform Duitin untuk dapat terhubung dengan para waste picker Duitin. Sampah yang sudah dipilah akan dijual oleh para waste picker ke industri daur ulang.


Duitin merupakan bagian dari cohort Informal Plastic Collection Innovation Challenge 2021.



Hasil

Selain mendapatkan pengetahuan terkait bisnis dari mentor dan dari sesama cohort, Duitin dapat memperluas jaringan dengan berbagai pemangku kepentingan. Melalui program Informal Plastic Collection Innovation Challenge, Duitin dapat menjalin kerja sama dengan Griya Luhu, LBPI NU, Sampangan, The Kabadiwala, dan Unilever Foundry. Duitin juga mendapatkan dana hibah untuk membantu meningkatkan efektivitas kemitraan yang terjalin.



8 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
OPPA Final Logo-02.png
bottom of page