Sorotan Inovator: Robries


Tujuan

Cara pandang masyarakat yang menganggap bahwa sampah adalah akar masalah ingin diubah oleh Syukriyatun Ni’amah dan Tita Sabrina Maulinda, para pendiri Robries. Mereka ingin menunjukkan bahwa sampah plastik dapat memberikan nilai berharga. Robries memberi contoh dengan mengolah sampah plastik menjadi produk yang berkualitas dan bisa digunakan untuk keperluan fungsional sehari-hari.



Solusi

Robries meningkatkan nilai sampah plastik melalui proses daur ulang. Mereka membuat perabotan dan dekorasi rumah, papan plastik daur ulang yang bisa dijadikan barang-barang custom yang bisa diolah lanjut oleh pembeli. Ornamen interior yang diproduksi oleh Robries bersifat otentik dan layak digunakan, sehingga membuktikan bahwa produk daur ulang bisa menjadi bagian dari solusi penanganan sampah plastik. Selain itu, Robries mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan menerapkan ekonomi sirkular dengan mengurangi ekstraksi sumber daya alam dan sampah yang dibuang ke TPA.


Sebagai organisasi yang ingin terus berkembang dalam hal pengetahuan bisnis, operasional, dan jejaring, Robries bergabung dengan cohort pertama program Waste Community Accelerator.



Hasil

Hasil pelatihan dari program Waste Community Accelerator telah membantu Robries untuk mengelola organisasi menjadi lebih baik. Melalui kesempatan untuk membangun jejaring dengan pemasok sampah plastik yang dapat mendukung produksi mereka, Robries terkoneksi dengan Bank Sampah Induk Surabaya, sesama peserta program Waste Community Accelerator. Pengembangan operasional bisnis dan infrastruktur telah menghasilkan peningkatan kapasitas pengolahan sampah Robries dari 4 ton menjadi 25 ton per tahun nya.


10 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
OPPA Final Logo-02.png