Waste Community Accelerator Cohort 3: Workshop Pendanaan


Workshop bulanan program Waste Community Accelerator cohort 3 masih berlangsung! Untuk workshop ketiga yang diadakan pada 25 Maret 2022, para peserta mempelajari lebih lanjut mengenai pendanaan (fundraising), aspek yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis mereka.


Workshop diisi oleh Irma Sitompul, Direktur Program & Kurikulum Pratisara Bumi Foundation (Usaha Lestari), sebuah ekosistem untuk pembangunan usaha berkelanjutan.


Irma memulai workshop dengan mengadakan polling untuk mengetahui kondisi dan pengalaman pendanaan peserta. Berdasarkan polling, sebagian besar peserta sudah mengetahui tujuan pendanaan dan kebanyakan dari mereka sudah memiliki strategi pendanaan. Irma lalu melanjutkan dengan penjelasan tentang jenis-jenis pendanaan dan bagaimana menetapkan kebutuhan pendanaan.


Selain memberikan informasi berbagai studi kasus tentang keberhasilan pendanaan, Irma juga membantu menyarankan tipe pendanaan yang dibutuhkan peserta berdasarkan tahapan bisnis mereka. Untuk menetapkan target pendanaan, peserta melakukan berbagai macam latihan perencanaan untuk mengidentifikasi kebutuhan bisnis mereka, membuat daftar peluang pendanaan, mengevaluasi potensi keberhasilan, dan membuat timeline. Sesi workshop kali ini cukup interaktif karena para peserta ikut berbagi pendapat dan pertanyaan terkait keperluan pendanaan bisnis mereka.


Tim OPPA sangat berterima kasih dengan kontribusi dan wawasan yang diberikan oleh Irma, sekaligus gembira dapat melihat wajah-wajah dari perwakilan Common Seas, Bank Sampah Makmur Sejati, Bank Sampah Estu Jaya, Bank Sampah Larahan Makmur, TPS Bringin Bendo, Go Forward, Bank Sampah Jubung, dan iLitterless.


7 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
OPPA Final Logo-02.png