robries (4).jpg

waste community accelerator

Waste Community Accelerator adalah program akselerator yang berfokus pada pengembangan kapasitas pelaku bisnis dan organisasi kecil menengah yang terkait dengan penanganan sampah plastik serta inovasi recycling/upcycling yang berbasis di Jawa Timur. Selain itu, program juga menekankan pengembangan hubungan yang lebih kuat di antara para peserta untuk memperkuat rantai nilai bahan baku plastik lokal. Para peserta akan mengikuti berbagai workshop dan pendampingan dari para ahli untuk meningkatkan manajemen dan kapasitas pelaku bisnis/organisasi. Selain itu, setiap peserta menerima dukungan pendampingan intensif dari tim OPPA. 

Cohort pertama program diikuti oleh 8 organisasi, dimulai dari November 2019 dan berakhir pada Agustus 2020. Program dilanjutkan dengan cohort kedua, yang berlangsung dari Desember 2020 hingga Juni 2021. Saat ini, program sedang menjalankan cohort ketiga. 

Setelah menyelesaikan program, peserta menerima dukungan lanjutan melalui program Waste Systems Change Community. Tujuan dari kelompok ini adalah untuk lebih memperkuat kapasitas dan koneksi di antara alumni akselerator, yang pada akhirnya dapat menghasilkan model ekosistem pengelolaan sampah yang lebih baik di Jawa Timur.

Untuk informasi lebih lanjut tentang para ahli dan pelatih workshop yang berkontribusi pada program, silakan lihat halaman About kami.

BSIS.jpeg

COHORT 1 (2019 - 2020)

Bank Sampah Induk Surabaya

Bank Sampah Induk Surabaya beroperasi sebagai hub bagi bank sampah. Mereka membeli sampah dari bank sampah yang lebih kecil dengan harga tetap, dan menjual bahan baku sampah ke pengepul atau perusahaan daur ulang.

“Kami menerima berbagai tool penting untuk meningkatkan organisasi kami, terutama untuk Branding & Fundraising.”

Geledek_edited.jpg

COHORT 2 (2020 - 2021)

Geledek

Geledek menawarkan layanan pengelolaan sampah dan saat ini sedang membangun platform online untuk memperluas jumlah pelanggannya. Mereka secara aktif melibatkan pekerja sampah informal dan bertujuan untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi para pekerja.

“Sejak mengikuti program akselerator, kami mampu meningkatkan kualitas sistem manajemen bisnis kami. Kami juga menerapkan pembelajaran dari training dan konsultasi pribadi, terutama terkait dengan akuntansi atau laporan keuangan dan strategi pemasaran. Kami juga meningkatkan jaringan bisnis dan pengetahuan kami terkait sampah”

estu.jpg

COHORT 3 (2021 - 2022)

Bank Sampah Estu Jaya 

Bank Sampah Estu Jaya merupakan Bank Sampah sektoral yang melakukan penjemputan sampah dari 10 bank sampah unit yang terletak di sekitar Karangploso, Malang. Selain mengolah sampah anorganik mereka juga melakukan kegiatan sosial dengan sosialisasi pengolahan sampah organik kepada warga sekitar.

OPPA Final Logo-02.png